Pengantar Ilmu Ekonomi
Assalamualaikum
Ayo Belajar!!!
Pertanyaan beserta Jawaban dari Mata Kuliah "Pengantar Ilmu Ekonomi"
Soal
1. Uraikan tentang pengertian pasar oligopoly dan berikan contohnya!
Jawab:
Pasar Oligopoly adalah suatu keadaan pasar dimana terdapat beberapa produsen atau penjual yang menguasai penawaran, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama. Dalam pasar oligopoly, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Beberapa contoh perusahaan/produsen yang berada pada pasar oligopoly antara lain pada produk/barang seperti pada industri semen, misalnya pemainnya ada Semen Gresik, Semen Holcim, Semen Indocement dan ada Semen Cibinong. Pada industri sepeda motor, misalnya ada Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa, Sanex, Tossa dan lainnya. Pada produk elektronik kita melihat ada Sony, Toshiba, National, Samsung dan lain-lain.
Sedangkan pada produk jasa misalnya pada industri jasa penerbangan di Indonesia, ada Garuda, Merpati, Pelita, Bouroq, Mandala, Lion, Adam Air dan lainnya. Pada industri jasa penerbangan yang terjadi saat ini para oligopolis cenderung bersaing dalam hal harga (price competition), kalian dapat melihat bagaimana ramainya perang tarif antar maskapai penerbangan.Untuk membedakan produk satu perusahaan dengan perusahaan lain, sering para oligopoly menerapkan strategi dalam menguasai dan menarik konsumen adalah dengan membuat model serta memberikan merek tertentu pada produk yang dijual (strategi diferensiasi produk). Model dan terutama merek ini biasanya dibuat agar berkesan di sanubari konsumen, agar konsumen menjadi loyal. Konsumen yang sudah terikat pada produk merek tertentu (loyal) akan sulit berpindah ke produk yang lain.
Soal
2. Sebutkan dan jelaskan ciri-ciri pasar oligopoly!
Jawab:
a. Terdapat sedikit penjual (3 sampai dengan 10) yang menjual produk substitusi, artinya yang mempunyai kurva
permintaan dengan elastisitas silang (cross elasticity of demand) yang tinggi.
b. Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoli. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
c. Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.
Soal
3. Alasan perusahaan dalam pasar oligopoly mengadakan kesepakatan price leadership? Jelaskan!
Jawab:
Kepemimpinan harga/price leadership Bentuk kolusi informal, ataupun secara diam-diam, terjadi pada industri yang memiliki pemimpin harga(price leader) pemimpin harga inilah yang menetapkan harga dalam industri.
Soal
4. Faktor apa yang mendorong para produsen dalam pasar oligopolies melakukan kesepakatan (kolusi)? bentuk kesepakatan apa saja yang mungkin timbul!
Jawab:
Kesepakatan antara perusahaan dalam pasar oligopoly biasanya berupa kesepakatan harga dan produksi (kesepakatan ini kadang disebut sebagai “kolusi” atau “kartel”) dengan tujuan menghindari perang harga. Bentuk persepakatan ini biasanya mengatur tentang banyaknya jumlah produksi yang boleh dihasilkan oleh masing-masing perusahaan dengan harganya yang sama juga. Kesepakatan dalam jumlah produksi dapat berupa pembagian secara merata, yaitu pembagian produksi yang didasarkan pada banyaknya jumlah permintaan efektif di pasar terhadap jumlah perusahaan yang menghasilkan produk yang sama.
Mohon Maaf Bila ada Kekurangan dan kesalahan.
Wassalamualaikum
Komentar
Posting Komentar